Sekitar SAMSUN

Buat temen-temen yang belum tahu seluk beluk kota Samsun, mari kita sedikit bahas mengenai kota yang sering hujan ini. Samsun ini pertama kali bernama “Amisos” atau “Amisus” dalam bahasa Yunani dan “Amisosa” ketika di zaman Imperator Roma dan Bizans.  Samsun adalah salah satu kota di Turki bagian utara. Terletak di daerah pinggiran Karadeniz (Laut Hitam). Bertetanggaan dengan kota Sinop di sebelah barat, kota Ordu sebelah timur, dan kota Amasya di sebelah selatan. Samsun sangat erat sekali dengan tanggal 19 Mei 1919. Ada apakah dengan tanggal itu? Pada tanggal itu terjadilah Turkish War of Independence dan juga merupakan kota persinggahan pertama oleh Mustafa Kemal Ataturk. Oleh karenanya Samsun juga terkenal dengan kota julukan yang banyak para pencinta Ataturk nya atau sering dikenal Ataturkculuk.


Samsun adalah kota dengan suhu lebih normal dibanding dengan kota yang lainnya. Umumnya untuk kota-kota yang berada di Karadeniz Bölgesi cenderung memiliki iklim dan cuaca normal. Bahkan Samsunpun dijuluki Indonesia-nya Turki. Uniknya Samsun, ketika musim dingin sudah lewat dan musim semi sudah mulai masuk, di Samsun baru saja turun salju.

Gak sah kalau gak ada payung, “Mecburan” (Wajib ada) kalo kata orang Turki. Kenapa? Karena kota Samsun ini lebih sering hujan. Apalagi ketika memasuki musim gugur dan musim dingin. Mungkin kalau di Indonesia Samsun itu seperti Bogor yang dijuluki kota hujan.


Samsun, memiliki aset wisata utama yaitu Laut Hitam. Berbagai taman-taman dan tempat untuk piknik telah disediakan oleh pemerintah kota setempat. Selain itu pegunungan-pegunungan yang menjulang juga taman-taman ataupun danau di pinggir lautan menjadi pemandangan sehari-hari yang tak pernah bosan untuk dilihat. Ada juga tempat perbelanjaan orang asing “Yabancılar Pazarı” atau lebih sering terkenal “Rus Pazarı”. Di pusat perbelanjaan inilah berbagai barang diimpor dari negara-negara lain. Ada juga barang kerajinan tangan dari Indonesia lho.

Sekarang kita merambah ke dunia pendidikan dan biaya hidup di Samsun ya. Pendidikan di Samsun ini bisa dikatakan telah berkembang. Dengan ribuan sekolah negeri dan juga swasta ini telah membuktikan kalau pendidikan di Samsun memiliki kualitas yang bagus. Sementara untuk perguruan tinggi sendiri, Samsun hanya memiliki 2 universitas, 1 universitas negeri dan 1 universitas swasta.  Universitas negeri ini bernama “Ondokuz Mayis Üniversitesi” yang kalo diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia “Universitas 19 Mei”. Atau yang sering kita singkat OMÜ. Dinamakan Ondokuz Mayis yaitu bertepatan dengan tanggal singgahnya kapal Ataturk ketika tiba di Samsun.


Ada sekitar 20 pelajar Indonesia yang tahun ini sedang melanjutkan pendidikan perguruan tingginya di universitas tersebut dengan berbagai jurusan dan juga terikat dalam sebuah organisasi bernama “PPI Samsun” yang bertujuan sebagai wadah untuk mengkoordinasi antar pelajar Indonesia di Kota Samsun. Kota Samsun ini sangat cocok untuk para pelajar. Kota yang tidak terlalu padat penduduk ini membuat para pelajar bisa belajar dengan tenang. Jika bosan belajar di rumah atau di asrama, kita juga bisa belajar di taman sambil menghirup udara segar.  Juga biaya hidup di Samsun ini cenderung lebih murah dari kota lainnya. Meskipun mulai tahun ini transportasi untuk orang asing disamaratakan (sedikit lebih mahal dari tahun sebelumnya) dengan orang Turki sendiri.

Setelah penjelasan di atas, jadi bagi kawan-kawan baik dari luar Turki atau dari luar kota Turki bisa berkunjung ke kota Samsun ini. Samsun cocok untuk para pelajar, dan kawasan Samsun yang strategis dengan Karadeniz cocok untuk dijadikan tempat wisata dan penghilang stress. Tapi bukan maksudnya ngajak tenggelam di laut lho yaa, bukan itu :D

Ok temen-temen sekian buat Sekilas Samsun nya ya ;) Kita tunggu kehadiran temen-temen di Samsun kota tercinta ini ^_^

Mia Siti Nurazizah 
Mahasiswa Indonesia Jurusan Ilahiyat
di Samsun, Turki


2 komentar :

  1. program master untuk jurusan agama ada gak???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insya Allah tiap tahunnya ada beasiswa di tiap fakultas, silakan pantau info beasiswa di akun facebook kami : Ppi Samsun :)) untuk beasiswa pemerintah Turki biasanya buka sekitar bulan Maret. Terima kasih.

      Hapus