Mengenal Ondokuz Mayis University di kota Samsun


Ondokuz Mayis University atau yang diartikan ke dalam bahasa Indonesia Universitas 19 Mei didirikan pada tahun 1975 di Samsun.  Sebuah kota dengan pelabuhan International yang letaknya di utara Turki, tepatnya di pantai laut hitam. Universitas ini dinamakan 19 Mei karena berkaitan dengan sejarah pada permulaan tanggal tatkala itu orang-orang turki memulai perang kemerdekaan  yang dipimpin oleh Mustafa Kemal Attaturk sebagai pencetus Republik Turki.

Kampus ini tersebar di beberapa wilayah sekitar Samsun. Kampus pusat berlokasi di Kurupelit. Kampus Kurupelit ini terletak diatas tanah seluas kurang lebih 10.000 hektar dengan pemandangan laut hitam di salah satu sisinya, dan gunung national Koca Dağı disisi lainnya, yang terkenal di kalangan masyarakat sebagai tempat untuk jalan-jalan tahunan nasional.

Dengan jumlah total sekitar 40.000 mahasiswa dan 2.000 staff akademik, Ondokuz Mayis University adalah salah satu di antara Universitas terdepan di Turki dalam hal kualitas dan jumlah staff, fasilitas dan infrastruktur akademik dan sosial, penyesuain akomodasi, transportasi, fasilitas olahraga, lingkungan budaya dan sosial. Universitas ini juga menyediakan ketepatgunaan dan produktivitas lingkungan kepada kedua pelaku pembelajaran  yaitu staff akademik dan mahasiswa.


Univeritas ini terdiri dari 15 fakultas yaitu: aeronautika dan ilmu luar angkasa, pertanian, arsitek, ilmu seni dan ilmu pengetahuan, komunikasi, theology, kedokteran gigi, ilmu ekonomi dan administrasi, pendidikan, teknik, seni rupa, ilmu hukum, kedokteran, pariwisata dan kedokteran hewan. 1 konservatori (OMU Samsun State Conservatoire). 3 sekolah tinggi ( sekolah tinggi penerbangan sipil, bahasa asing, dan kesehatan Samsun). 11 sekolah kejuruan. Dan 5 sekolah pascasarjana (sekolah pascasarjana ilmu pendidikan, seni rupa,ilmu kesehatan, ilmu pengetahuan alam dan ilmu sosial).

Terlebihnya di lokasi kampus pula tepatnya berdampingan dengan fakultas kedokteran,terdapat rumah sakit utama kota Samsun yang dimana fakultas kedokteran dan kedokteran gigi langsung berperan  didalam melayani penduduk seluruh wilayah Samsun, baik fakultas memberikan pengobatan disemua bidang kesehatan dan perawatan gigi.

Dikarnakan terbangun di atas  tanah yang luas, Ondokuz mayis University memiliki tata letak pergedungan yang agak berjauhan, tapi universitas ini memberikan pelayan otobus keliling kampus dengan gratis kepada para mahasiswa, staff pengajar dan para pekerja di dalamnya. Di lokasi kampus  terdapat pula asrama Pemerintah yang dapat ditinggali oleh para mahasiswa. Mereka mendapatkan kamar, pelayanan kebersihan, serta subsidi  makan dari Pemerintah. Bagi yang senang dalm berolahraga Ondokuz Mayis University juga menyediakan fasilitas olahraga yang lumayan lengkap; mulai dari tempat fitness, tenis, voli, basket dan sepak bola.



Dalam hal  transportasi sekitar kota, para mahasiswa dapat berkeliling sekitar kota dengan mudah, terdapat tramvay atau semacam kereta yang melintas di sepanjang kota bagian samsun atau bisa juga dengan otobus yang dimana keduanya menggunakan system modern yang mempermudah para mahasiswa beserta penduduk kota Samsun. kota Samsun sendiri memiliki iklim cuaca yang bisa dibilang tidak terlalu ekstrim jika dibandingan dengan kota kota lain yang ada di Turki, bahkan mahasiswa Indonesia yang tinggal di kota ini bilang Samsun adalah Indonesianya turki, laut karadeniz atau laut hitam dapat menjadi tempat refreshing bagi mahasiswa yang sedang membutuhkan hiburan atupun ketenangan, di samping itu pula terdapat taman kota yang biasa digunakan sebagai tempat makan bareng teman-teman atau kumpul bareng dalam suatu kegiatan.
Hingga tahun 2014 mahasiswa Indonesia yang menempuh pendidikan di Ondokuz Mayis University berjumlah 20 orang dengan jurusan dan semester yang berbeda; dari mulai biologi, matematika, kimia, tehnik sipil, kedokteran dan Islamic theology. Dan ada pula 4 ibu warga Negara Indonesia yang menikah dengan orang berkebangsaan Turki, serta mereka tinggal di kota Samsun ini.

Demikianlah sedikit tulisan tentang penjelasan Ondokuz Mayis University, beserta sedikit penjelasan tentang lingkungan kota dan warga Negara Indonesia yang tinggal di kota samsun baik sebagai pelajar dan para ibu-ibu yang telah menikah dengan  warga Negara Turki.

Muhsin Abdul Hadi
Mahasiswa Indonesia Jurusan Ilahiyat
di Samsun, Turki

0 komentar :